Senin, 18 Januari 2010

" PERSIAPAN PERNIKAHAN I "

Ketika cinta sudah tidak dapat dibendung lagi, kamu mulai memikirkan indahnya mengikat janji setia sampai mati dengan pasangan. Sebelum itu semua, yakinkah akan keinginan menikah tersebut? Jika sudah siap tempur, tariklah napas dalam-dalam, dan perhatikan terlebih dahulu poin-poin berikut ini. Jangan mudah tergoda dengan memikirkan hal lain yang belum saatnya dipusingkan seperti mati-matian mencari model gaun pengantin di internet, majalah dan menghadiri pameran-pameran. Hal itu akan sangat menyita waktu kamu, padahal kamu bisa memilihnya nanti setelah yang ini:

Tanggal Pernikahan

Akan lebih baik jika masing-masing meminta pendapat ke kedua belah pihak keluarga, dan setelah mencapai kata sepakat jangan pernah mengubah-ubah tanggal tersebut kecuali karena alasan penting. Sebaiknya pilihlah hari dimana bukan liburan akhir tahun, musim hujan besar (kemungkinan banjir), musim liburan anak sekolah, long weekend atau Valentine karena akan memperbesar kemungkinan tidak hadirnya para tamu undangan.

Menentukan budget

Tentukan budget untuk total acara pernikahan, dan jangan gunakan seluruh tabunganmu. Karena semakin mendekati hari H semakin banyak pula biaya tak terduga.

Tempat Pernikahan

Jumlah tamu undangan

Setelah kamu menentukan tipe lokasi resepsi, hitunglah berapa jumlah tamu undangan. Ini akan sangat mempengaruhi besarnya budget. Utamakan dahulu keluarga dan kerabat dekat. Jika masih ada budget sisa, catatlah tetangga, relasi, dsb. Jangan memaksa untuk mengundang semua teman.
Jika memang budget kamu terbatas, jangan ragu-ragu untuk mencoret beberapa nama teman, pastinya kamu akan mendapat sindiran “jadi itu yang namanya pertemanan, kok ga ngundang-ngundang sih?” atau “ehem, tau deee yang uda lupa sama temen”. Sebelum dia mengatakan itu, sebaiknya kamu memberitakan kabar bahagia kamu dan menjelaskan ke mereka bahwa kamu hanya mengadakan resepsi kecil bersama keluarga. Dijamin mereka akan mengerti.

Hindari Stres

Sebelum memulai semuanya yang mungkin memang cukup menyita waktu kamu, ingatlah bahwa ini adalah persiapan untuk hari paling bahagia kamu dan pasangan. Bukan orang lain, jadi lebih baik nikmatilah. Lakukan semuanya dengan santai.

Bicara persiapan pernikahan, sebenarnya tidak terbatas pada masalah gebyarnya saja. Sah-sah saja kita menginginkan sebuah pesta mewah, baju pengantin yang bagus, tata rias yang sempurna, mas kawin yang mengagumkan dan sebagainya.Namun ingat, kita menikah bukan hanya untuk sehari. Masih banyak hal penting yang harus kita lakukan untuk menjalankan mahligai rumah tangga kedepan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar