Senin, 18 Januari 2010

" PERSIAPAN PERNIKAHAN I I "




MEMILIH PAKET PERNIKAHAN

Jika kita tidak terbiasa mengelola sebuah organisasi, menjadi panitia kegiatan, maka mengadakan resepsi pernikahan juga akan menjadi hal rumit. Ini akan menguras banyak waktu dan tenaga kita meski banyak saudara maupun teman yang siap membantu kita. Apalagi jika kita adalah pegawai kantoran,yang biasa mendapat sedikit ijin cuti dan mepet dengan hari pelaksanaan. Jika kita memaksakan diri, bisa jadi kita akan jatuh sakit pada hari spesial. jika kita tidak ingin repot, ada baiknya kita memilih paket pernikahan. Cara ini banyak diminati, mengingat sangat praktis dan ekonomis. Biasanya, paket pernikahan ditawarkan oleh vendor catering. kita hanya perlu menghubungi satu orang saja untuk menyelesaikan banyak hal, seperti lokasi gedung, jumlah dan jenis menu catering, kelengkapan pelaminan/dekorasi dan fasilitas dokumentasi. Sayangnya, kita tidak memiliki kebebasan untuk memodifikasi atau mengubah paket tersebut. Jika kitamemaksa, maka kita harus rela mengeluarkan harga tambahan yang cukup mahal. Secara keseluruhan sistim ini cocok bagi kita yang fokus kepada dana.

Pihak Wedding Organizer akan membantu kita mencari vendor-vendor yang sesuai dengan acara yang ingin di buat yang disesuaikan dengan anggaran dana yang ditetapkan. Keuntungan lainnya, jasa yang ditawarkan biasanya lebih luas daripada Paket Pernikahan.Mereka akan mulai membuat konsep acara, menyusun budget pernikahan dan mengajukan proposal kepada kita. Jika kita sepakat, pihak Wedding Organizer akan membantu membuat desain kartu undangan, dekorasi pernikahan, pemilihan souvenir, acara foto prewedding, meeting teknis persiapan dengan panitia pesta dan vendor, serta koordinasi dengan panitia dan vendor yang terlibat pada saat acara pernikahan berlangsung. wedding organizer ini juga menyediakan paket pernikahan di rumah, dan tidak hanya di gedung saja.Tentu, kemudahan yang ditawarkan mengharuskan kita untuk sanggup membayar biaya tambahan untuk jasa paket pernikahan kepada Wedding Organizer tersebut. Tapi, jika pekerjaan yang mereka lakukan bisa banyak membantu kita, rasanya tidak mengapa keluar lebih banyak uang untuk sesuatu yang memang berharga. Bahkan, bukan mustahil jika biaya yang kita keluarkan justru lebih hemat, mengingat mereka lebih berpengalaman dan mempunyai langganan yang bisa memberikan diskon.

MEMILIH SOUVENIR PERNIKAHAN

Ketika kita menghadiri atau mengadakan pesta pernikahan, satu hal yang seringkali diberikan kepada tamu adalah souvenir pernikahan. Biasanya ini diberikan oleh penerima tamu dibagian depan. Begitu selesai mengisi buku tamu dan mereka akan memberikan sebuah benda untuk kita. Bentuk dari souvenir pernikahan pun beragam. Mulai dari potongan kuku, gantungan kunci, tempat uang receh, permen yang dihias, keramik, dan masih banyak lagi. Biasanya, pada ujung souvenir akan digantungkan ucapan sebuah kertas kecil yang dilipat, berisi ucapan terima kasih dari pengantin. Memang, souvenir pernikahan tidak mutlak ada. Namun, jika kita memiliki anggaran, mengapa tidak kita juga menyiapkan untuk tamu Kita pasti akan senang bukan jika mendapatkan sovenir cantik dan lucu ketika menghadiri pesta pernikahan teman? Memilih souvenir pernikahan tidaklah harus mahal. Kita bisa membelinya di pasar tradisional maupun modern. Jika kita membeli dalam jumlah banyak, maka harganya jauh lebih murah. Bahkan, jika kita pandai memilih dan menawar sebuah souvenir bisa kita dapatkan dengan harga sekitar seribu rupiah saja. Kita bisa memesan jauh hari sebelumnya.

Berikut tips menentukan souvenir pernikahan yang tepat :

1. Ketahui dengan pasti jumlah tamu yang akan Anda undang

2. Perkirakan budget yang Anda anggarkan untuk souvenir

3. Lakukan pencarian dan penawaran untuk mendapatkan harga souvenir sesuai budget Anda

MEMILIH UNDANGAN PERNIKAHAN

Ketika kita ingin mengadakan pesta pernikahan, maka satu hal yang harus jauh-jauh hari disiapkan adalah undangan pernikahan.Setidaknya dua bulan sebelum pelaksaaan pesta pernikahan berlangsung. Ini memang satu faktor penentu keberhasilan pesta pernikahan yang kita buat karena tamu akan tahu secara persis, terutama mengenai siapa yang menikah, tempat dan hari pelaksanaan. Sebelum kita memesan undangan pernikahan,yang perlu kita lakukan adalah menentukan desainnya. Kita bebas menuangkan ide Anda, baik dari warna, ukuran, bentuk, jenis tulisan, kata-kata, foto, dan sebagainya.Ketika akan memesan undangan pernikahan, biasanya kita akan mendapatkan contoh kartu yang sudah jadi. Cara paling gampang, Anda tinggal memodifikasi kartu yang sudah ada, dan menggantinya dengan nama, tanggal, dan tenpat pelaksanaan. Namun, kita harus memikirkan dengan baik sebelum memutuskan, agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut beberapa poin yang bisa Anda gunakan :

Warna

Dari sisi ini, dengan memilih warna hitam putih pun, sebenarnya bisa menghasilkan nuansa eksklusif dan klasik, asalkan ditangani oleh desainer yang piawai.

Bentuk

Masalah bentuk juga akan berpengaruh dalam proses pengerjaan desain undangan pernikahan. Semakin rumit bentuk undangan, maka harganya pun akan semakin mahal.

Material/ bahan

Harga undangan pernikahan Anda akan tergantung dari bahan bakunya. Misalnya saja, jenis kertas, apakah Anda memakan kertas local atau import (fancy). kemudian jenis tinta, apakah Anda memakai tinta biasa atau khusus. Demikian pula dengan jumlah warna yang Anda gunakan, satu, dua, tiga atau empat (full-colour) warna. Terakhir adalah tingkat kesulitan pengerjaan, apakah Anda menginginkan hard/soft cover, doff/glossy/UV, emboss, hotprint. Semua poin yang disebutkan akan memegaruhi harga undanga yang Anda pesan.

Elemen Pendukung

Ketika memesan undangan pernikahan, biasanya Anda akan mendapatkan elemen pendukungnya sekaligus. Diantaranya adalah amplop, kertas label, ucapan terimakasih, bahkan buku tamu. Elemen pendukung ini juga menentukan harga undangan, karena pengerjaannya bersamaan dengan undangan, setidaknya menggunakan kertas yang sama dengan yang dipakai untuk undangan. Setelah memesan, biasanya kita akan ditunjukkan contoh atau dummy hasil undangan pernikahan. Pada saat itulah, kita harus memeriksa dengan baik undangan tersebut, jangan sampai ada kekeliruan nama, alamat, maupun tanggal. Jika salah sedikit, maka informasi yang diterima oleh tamu akan berbeda dari yang sesungguhnya, dan bisa berakibat fatal jika terjadi kekeliruan pencantuman tanggal pelaksanaan, tanpa adanya koreksi dari kita sebelumnya.Untuk menghindari kesalahan cetak, cobalah untuk mengkonsultasikan urusan undangan pernikahan dengan kedua pihak keluaga mempelai. Agar tidak membingungkan, kita perlu mencantumkan nama panggilan kedua calon mempelai, sehingga para tamu tidak salah mengenali pengirim undangan. Terakhir, hal yang tidak kalah penting adalah denah lokasi pernikahan. Apalagi jika lokasi pesta di rumah atau tempat yang kurang familiar, maka denah akan memudahkan tamu untuk mendatangi tempat pernikahan.

TAMPIL CANTIK DENGAN KEBAYA

Bagi kaum wanita yang hendak melangsungkan pernikahan, dapat memilih kebaya pernikahan yang kini telah banyak modelnya, baik model tradisional maupun modern. Biasanya, kebaya akan digunakan oleh calon pengantin wanita adalah pada saat setelah siraman, midodareni, akad nikah, serta resepsi. JIka ingin mengenakan kebaya pernikahan, sebaiknya memilih dari jauh-jauh hari agar kita tidak kecewa di hari bahagia itu. Kebaya yang akan kita gunakan dapat sesuai dengan keinginan kita, baik dari tema acara maupun kepribadian. Hal yang cukup penting yaitu, sesuaikan anggaran dana yang ada, serta memesannya di penjahit kepercayaan. Kita dapat berkonsultasi lebih dulu pada penjahit tersebut. Sedangkan bila kita ingin lebih praktis dapat menyewa kebaya pada jasa perias pengantin yang memiliki bermacam koleksi kebaya.

Berikut ini tips-tips yang mungkin dapat membantu Anda dalam memilih kebaya pernikahan:

  • Kebaya seperti brokat yang berpayet, brokat Jepang, atau brokat Prancis dapat menjadi pilihan Anda. Untuk acara siraman dan malam midodareni, Anda juga bisa mengenakan kebaya encim dari bahan chiffon dan dengan border yang cantik.
  • Kebaya modern cocok untuk Anda yang menginginkan tampil trendy saat pernikahan.
  • Kebaya pernikahan model offshoulder sangat digemari, namun sebaiknya tidak digunakan oleh Anda yang bertubuh kurus. Sedangkan bagi Anda yang berdada kecil, dapat disiasati dengan menambahkan payet di bagian depan.
  • Bagi Anda yang bertubuh kurus juga bisa memilih kebaya model kerah shanghai dengan payet, sehingga tubuh Anda akan terlihat lebih besar.
  • Pilihlah bahan, model, dan warna yang tepat untuk kebaya pernikahan Anda, disesuaikan dengan postur tubuh dan warna kulit Anda. Mengenai warna, jika dulu kaum wanita lebih suka warna yang tidak terlalu mencolok seperti hitam, coklat, dan merah marun, maka saat ini Anda tak perlu takut mencoba warna-warna cerah yang tidak kalah cantik seperti putih gading, kuning keemasan, perak, hijau, kuning, dan lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar