Senin, 18 Januari 2010

" PERNIKAHAN "


Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud mensyahkan suatu ikatan. Upacara ini memiliki banyak ragam variasi antar suku dan budaya yang berbeda, Siapapun pastinya mengharapkan berlangsungnya sebuah pernikahan di dalam hidupnya. Acara ini tidak harus dilangsungkan dengan mewah, meski demikian alangkah baiknya jika kita mempersiapkannya dengan sebaik mungkin. Jangan sampai kita menyesal dengan moment penting yang kita harapkan terjadi sekali dalam hidup kita, sehingga bisa menyisakan kenangan indah dalam hidup kita. Persiapan yang penting kita persiapkan diantaranya :

1. Persiapan mental

2. Persiapan Keilmuan

3. Persiapan Fisik

4. Persiapan Finansial


Hal diatas penting kita persiapkan sebelum menjelang pernikahan dan tidak bisa dianggap remeh, Kita harus mempersipkan mental dan psikologis secara matang. Karena pasangan kita pasti memiliki berbagai karakter yang berbeda dengan kita. Oleh sebab itu kita harus siap menerima perbedaan pasangan kita. Tidak ada salahnya kita membaca buku-buku psikologi untuk memahami perbedaan sikap perempuan dan laki-laki. Atau kita juga bisa berdiskusi dengan teman/ saudara yang sudah terlebih dahulu menjalin mahligai rumah tangga, kita bisa minta saran mengenai masalah ini. Keilmuan juga tidak kalah penting, kita perlu membaca buku seputar kehidupan rumah tangga, bagaimana mengatur masalah keuangan, bagaimana pola hidup sehat, bagaimana merawat rumah dan anak, apa saja kewajiban sebagai suami atau istri dab sebagainya. Kita tidak bisa mengandalkan belajar sambil berjalan, tanpa membekali diri sama sekali. Khawatirnya hal remeh yang seharusnya bisa kita selesaikan sendiri akan semakin rumit dengan selalu minta tolong kepada pihak ketiga dalam menyelesaikan masalah pernikahan kita kelak.


Masalah fisik juga tidak bisa dianggap sebelah mata, Meski ada yang mengatakan bahwa setiap lelaki dan perempuan dewasa pasti sudah siap untuk menjalankan kehidupan rumah tangga, nyatanya tak demikian. Kesehatan begitu penting bagi perempuan kecukupan gizi untuk kehamilan hendaknya diperhatikan dan dijaga sebelum melangsungkan pernikahan. Dengan demikian akan lahir bayi yang sehat dari rahimnya. Masalah finansial, tidak mungkin kita mengandalkan orang lain untuk menutupi biaya pernikahan maupun kehidupan kita dan pasangan selanjutnya. Karena itu kita harus realistis dalam mempersiapkan pesta yang akan kita buat harus disesuaikan dengan bugdet yang kita miliki. Kita tidak perlu berhutang kesana-kesini hanya untuk memenuhi ego kita, Alangkah lebih baik jika kita menggunakan anggaran pesta yang sangat meriah untuk modal usaha yang akan menjamin berlangsungnya rumah tangga kita ke depannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar